Perpajakan Singapura, singkatnya..

Imagepicture is taken from : http://www.leviweisz.com/wp-content/uploads/2012/05/Singapore-Taxation.jpg

Guys, seperti yang udah kita tau, perpajakan Indonesia itu sistemnya self assessment. Ini artinya kurang lebih Wajib Pajak (WP) menghitung, membayar, dan melaporkan pajaknya sendiri melalui apa yang kita sebut Surat Pemberitahuan atau SPT. Tugas pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak, hanyalah melakukan pembinaan/penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan saja.

Nah, lain halnya ama di Singapura, di sana sistem pemajakannya berbeda. Bisa dibilang disana penetapan pajak terjadi secara official assessment. Di Singapura, penetapan besarnya pajak dilakukan oleh otoritas pajak bernama Inland Revenue Authority of Singapore (IRAS). Bisa dibilang IRAS itu adalah DJP-nya Singapura.

Proses pelaporan dan penetapan pajak di Singapura

Pertama-tama WP melaporkan perkiraan penghasilan yang dikenakan pajak atau disana disebut dengan Estimated Chargeable Income (ECI) kepada IRAS. ECI wajib dilaporkan maksimal 3 bulan setelah akhir tahun buku.

IRAS kemudian melakukan penyesuaian2 terhadap ECI yang dilaporkan WP, Nah, setelah penghasilan-penghasilan tersebut disesuaikan, IRAS kemudia menghitung dan menetapkan besarnya pajak yang terutang. Besarnya pajak yang terutang diberitahukan kepada WP melalui Notice of Estimated Assessment (NOA).

Pengelompokan WP berdasarkan risiko

IRAS menggunakan pendekatan risiko dalam mereview laporan pajak WP nya. Perusahaan dikelompokkan berdasarkan kompleksitas dan risiko yang mereka miliki. WP dengan usaha kompleks dan risiko lebih tinggi membutuhkan review yang lebih ketat pula.

Misalnya, perusahaan yang dianggap kompleks dan beresiko tinggi akan di review oleh IRAS setiap tahunnya. Selain itu, IRAS juga berhak meminta dokumen pendukung yang diperlukan. Hal ini untuk memastikan laporan yang diberikan WP lengkap dan akurat.

Sedangkan WP dengan risiko dan kompleksitas yang rendah umumnya tidak perlu membuat laporan secara detail dan melaporkannya tiap tahun. Untuk WP dengan kategori ini, IRAS akan menerbitkan NOA tiap tahunnya dengan beberapa penyesuaian saja.

…..

Nah segitu dulu yang bisa gw share dari perpajakan negeri tetangga. Lengkapnya lo bisa dilihat di situs resmi punyanya IRAS (www.iras.gov.sg).

Gimana pendapat lo? which is better, implementing self assessment or official assessment?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s