Fiscal Cliff Amerika Serikat

Gambar diambil dari http://www.henrymakow.com/upload_images/fiscal-cliff-cartoon-sheep.jpg

Fiscal cliff / jurang fiskal adalah sebuah keadaan yang terjadi di Amerika Serikat setelah berakhirnya tahun 2012. Saat itu banyak fasilitas pajak berakhir masa berlakunya, sekaligus awal dari dilakukannya penghematan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah. (FYI, penghematan anggaran ini dilakukan karena defisit anggaran yang dialami Amerika Serikat sejak krisis keuangan 2007 lalu).

Berikut ini adalah peningkatan pajak yang akan terjadi saat fiscal cliff:

  • Bush-Era Tax Cuts: ini mengakibatkan berubahnya lapisan tarif pajak individu dari 10/15/25/28/33/35% kembali menjadi 15/28/31/36/39.6%, capital gains jangka panjang dan dividend juga tarifnya berubah dari 15% menjadi 20% dan 39.6%.
  • The Estate Tax: pengecualian pajak bagi real estat dan tarifnya sebelumnya adalah $5,120,000 dan 35%, setelah fiscal cliff, mereka akan kembali berubah menjadi $1,000,000 dan 55%.
  • Obamacare Taxes: Mulai 2013, Wajib Pajak dengan penghasilan diatas $250,000 akan membayar tambahan 0,9% pajak atas penghasilannnya dan tambahan 3,8% atas bunga, dividen, dan capital gains.

graph

Grafik  pertambahan beban pajak orang Amerika sebagai akibat dari fiscal cliff. Disajikan berdasarkan tingkat pendapatan.

(Klik untuk memperbesar)

Sedangkan beberapa penghematan anggaran (pengurangan anggaran) pemerintah diantaranya :

  • 129 juta dollar/tahun untuk memelihara dan menjaga kedutaan AS;
  • 54.7 milyar dolar AS/tahun untuk anggaran pertahanan AS;
  • 2.5 milyar dolar AS/tahun untuk dana kesehatan;
  • 2.3 milyar dolar AS/tahun untuk dana bantuan sewa bagi orang miskin;
  • lebih dari 1 miliar dolar AS/tahun untuk badan pengawasan pangan;
  • 735 juta dolar AS/tahun untuk anggaran FBI

Penghematan sekaligus pengurangan fasilitas pajak ini memang seharusnya berdampak baik bagi keuangan pemerintah AS, khususnya untuk menanggulangi defisit anggaran yang terjadi. Karena, tentu saja hilangnya fasilitas-fasilitas pajak (yang berarti meningkatnya pajak) akan meningkatkan penerimaan AS. Peningkatan penerimaan ini didukung pula oleh penghematan pengeluaran yang dilakukan pemerintah AS. Tax Policy Center memperkirakan total peningkatan penerimaan pajak pada tahun 2013 berbanding tahun 2012 adalah sebesar $536 miliar dolar atau meningkat sebesar 21%.

Namun, dampak dari terjadinya fiscal cliff tidak hanya itu saja. Memang defisit anggaran sementara akan membaik, namun meningkatnya tarif pajak dan berkurangnya pengeluaran negara lebih lanjut akan menyebabkan menurunnya Produk Domestik Bruto dan bertambahnya jumlah pengangguran. Fiscal cliff memberi dampak hampir pada seluruh penduduk AS. Sembilan puluh persen rumah tangga di AS akan mengalami kenaikan pajak. The Tax Policy Center (http://www.taxpolicycenter.org/) memperkirakan rata-rata orang Amerika akan menghadapi kenaikan beban pajak sebesar $3,500 pada tahun 2013 jika tidak ada kebijakan lain yang dikeluarkan pemerintah AS.

Mari kita tunggu apa langkah Obama dalam mengatasi ini🙂

Referensi : 

http://www.guardian.co.uk/world/2012/sep/14/us-government-spending-cuts-embassy

http://www.forbes.com/sites/anthonynitti/2012/10/30/the-fiscal-cliff-for-dummies/

http://www.taxpolicycenter.org/taxtopics/fiscal-cliff.cfm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s