Etika dan sukses

Duatu hari di suatu sesi kuliah Etika Profesi, sang dosen nanya “kenapa orang sukses dengan ngelanggar etika, selalu gagal pada akhirnya?” . Dan seperti biasa, gada mahasiswa yang mau jawab wal uda dikasi embel2 tambahan nilai😀

Dan kalo menurut gw sih

Etika tuh aturan yang disepakati dan dilaksanakan oleh masyarakat untuk menjaga keselarasa atau keseimbangan antar masyarakat tersebut.

Nah ketika anda ngelanggar etika, dan mengambil keuntungan dari itu, katakanlah “window dressing” dalam akuntasi, atau yang paling terkenal : korupsi , walaupun menguntungkan sebagian pihak tapi anda akan merugikan sisanya, yang artinya seluruh masyarakat lainnya .

Kerugian anggota masyarakat ini menimbulkan reaksi yang beragam, yang gue gausah sebutin lagi lah :p . Kecuali orang yang melakukan pelanggaran etika yang minimal setingkat dengan yang anda lakukan, mereka pasti tidak akan mengganggu anda.

Terus mana bagian gabisa sukses nya? :p

Ya itu, tindakan yang masyarakat lakukan karena anda melangar etika akan menghambat anda. Seperti misalnya window dressing yang diketahui oleh auditor kemudian di laporkan kepada para pemegang saham, atau koruptor yang di masukkan ke penjara.

Lah itu kan yang ga ketauan? Terus koruptor hidupnya bahagia sampe mati juga banyak…..

Sukses itu bukan cuma di dunia, dan tindakan itu ga semuanya keliatan. Lagipula, yang gak suka sama pelanggaran etika bukan cuma manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s