Contoh Kasus Perlakukan PPN atas Sewa Guna Usaha dengan hak opsi (leasing)

Leasing yang dimaksud adalah leasing dengan hak opsi, sehingga terjadi penyerahan BKP dan jasa leasing sendiri tidak termasuk JKP.

Contoh Kasus :

Pak Nurman selaku direktur PT Renta Investama (bergerak di bidang penyewaan mobil dan telah dikukuhkan sebagai PKP) berencana membeli 15 unit mobil Honda Jazz untuk menambah pangsa pasar di kalangan kawula muda. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya dipilihlah metode pembelian secara leasing dengan hak opsi.

Pada tanggal 24 Maret 2011,  Pak Nurman mewakili perusahaannya mendatangi kantor PT Finance Lease Utama untuk merencanakan pembelian secara leasing tersebut. Dalam pertemuan tersebut disepakati PT Finance Lease sebagai lessor akan memilih PT Honda Utama (PKP dealer mobil honda) sebagai supplier. Namun sebelum kontrak ditandatangani, Pak Nurman harus terlebih dahulu memastikan barang yang ia terima benar-benar sesuai keinginannya sehingga kontrak baru dapat ditandatangani keesokan harinya.

Akhirnya, pada tanggal 25 Maret 2011, surat perjanjian sewa guna usaha dengan hak opsi ditandatangani. Dalam kontrak tersebut, disebutkan bahwa harga jual untuk 10 unit mobil adalah Rp. 1.500.000.000 dan bunga sebesar 9% per tahun. Pembayaran akan dilakukan sebanyak 12 kali terhitung mulai tanggal 1 April 2011. PT Renta Investama mulai dapat menguasai mobil Honda Jazz dari PT Honda Utama terhitung sejak ditanda tangani nya surat perjanjian sewa guna usaha dengan hak opsi, yaitu tanggal 25 Maret 2011. Hak opsi sendiri akan diberikan pada tanggal 31 Maret 2012.

Analisis PPN :

Dalam transaksi sewa guna usaha dengan hak opsi, BKP dianggap diserahkan langsung dari supplier ke leasee. Sesuai dengan SE – 129/PJ/2010 supplier wajib membuat faktur pajak dengan menggunakan identitas lessee sebagai pembeli Barang Kena Pajak (tidak menggunakan metode qualitate qua (q.q.) karena BKP langsung diserahkan dari supplier, bukan berasal dari persediaan lessor ). PPN yang terutang merupakan pajak keluaran bagi supplier dan merupakan pajak masukan bagi lessee.

Meskipun pengalihan atau penyerahan hak atas BKP baru dilakukan tanggal 31 Maret 2012 dan pembayaran Harga Jual BKP tsb dilakukan secara bertahap sejak 1 April 2011, tetapi karena penguasaan atas BKP telah berpindah dari penjual kepada pembeli atau dari lessor kepada lessee, maka UU PPN menentukan bahwa penyerahan BKP dianggap telah terjadi pada saat perjanjian ditandatangani, kecuali apabila saat berpindahnya penguasaan secara nyata atas BKP tsb terjadi lebih dahulu daripada saat ditandatanganinya perjanjian. Untuk Transaksi diatas, PPN terutang pada tanggal 25 Maret 2011.

About these ads

3 responses to “Contoh Kasus Perlakukan PPN atas Sewa Guna Usaha dengan hak opsi (leasing)

  1. Pertanyaan yang sama dari saya dengan Bpk / Ibu diatas.

    Karena smp dgn saat ini saya masih bingung dgn hal tsb.

    Mohon bantuannya.

    Trims.

  2. menurut saya, dengan asumsi :
    1. PT Honda Utama dan PT Renta Investama baru menjurnal perolehan aktiva leasing pada 1 April 2011
    2. PT Renta Investama baru membayar PPN nya saat 1 April, berbarengan dengan cicilan pertama nya. (Dengan alasan SPT Masa Maret belum dilaporkan, jadi menurut nya sama saja)

    maka khusus untuk jurnal PPN dapat dibuat sbb:

    25 Maret 2011 (Mencatat terutangnya PPN)
    - PT Honda Utama
    Piutang Usaha (D) 150.000.000
    PPN PK (K) 150.000.000

    -PT Renta Investama
    PPN PM DDK (D) 150.000.000
    Utang Usaha (K) 150.000.000

    1 April 2011 (Mencatat pembayaran PPN dari PT Renta Ivestama ke PT Honda Utama)
    - PT Honda Utama
    Kas (D) 150.000.000
    Piutang Usaha (K) 150.000.000

    -PT Renta Investama
    Utang Usaha (D) 150.000.000
    Kas (K) 150.000.000

    cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s